Gebyar Bumiayu Fair

Gebyar Bumiayu Fair yg kita kenal GBF mudah-mudahan bukan gebyar "Blue Film", yang menampilan keseronokan parsial "perekonomian lokal". melainkan betul-betul menjadi gebyar yang memiliki esensi pengembangan ekonomi masyarakat untuk mencapai kesejahteraan.
GBF sudah semestinya menjadi pameran Budaya Produk Lokal. sehingga produk-produk lokal tidak hanya dikenal dan dikonsumsi oleh masyarakt sekitar, akan tetapi bisa dilirik dan berharap besar laku dipasar nasional pun Internasional.
GBF selayaknya memprioritaskan produk lokal yang berhasil menembus pasar Internasional. semisal Terbang, dengan tujuan akan mampu melebarkan pasarnya ke Negara-negara yang belum mengkonsumsi. sehingga fungsi dari GBF menjadi ajang pameran kebanggan produk lokal.
produk-produk lokal yang mampu menembus diberi kelonggaran yang bisa berupa tidak dipungut biaya sewa tempat atau bayar hanya 50%.
Hal ini dilakukan untuk memicu produk lokal yang lain agar terpacu memperkenalkan kwalitas produknya dan dikonsumsi oleh orang luar. jadi kita tidak hanya dijadikan objek, atau konsumen bagi negara-negara produsen. melainkan kita juga bisa menjadi negara produsen.
alih-alih penulis jadi ingat sebuah anekdot yang mengatakan; "orang luar bingung bagaimana membuat handphone, sementara orang Indonesia justru bingung menggunakan handphone".
apalagi kalau ketika romantisisme berpikir kita mengingat-ingat kata-kata "Gemah ripah Loh Jinawi". oh alangkah indahnya. betapa tanah di negeri pertiwi ini sangat subur sampai-sampai ada yang mengatakan. "kayu dilempar saja bisa tumbuh apalgi sengaja di tanam".
Ironisnya kata-kata tersebut sepertinya hanya retorika yang menjadikan masyarakat celaka, malas berusaha karena sudah pasrah apa adanya, "nrimo ing panggon".
GBF juga perlu memamerkan produk kesenian lokal seperti terbang kencer, Sintren (yang sepertinya punah) dan lain-lain yang perlu digali.
Bahkan GBF juga perlu menampilkan seni sastra, untuk merangsang karya seni sastra yang ada di Brebes Selatan. sehingga masyarakat tahu dan bisa mengapresiasi karya sastra yang ada di Brebes Selatan.

Post a Comment

Gebyok Blogger

Gebyok Blogger ini merupakan tempat singgah para blogger, yang lelah mencermati kondisi global ke tataran lokal.
Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Followers

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP